Aneka Jenis Website Beserta Fungsinya

Yo! sobat netter,
Website adalah halaman yang berisi informasi yang disediakan menggunakan koneksi internet untuk dapat diakses baik di Indonesia sendiri maupun di seluruh dunia. Website terdiri dari teks, gambar, suara, animasi dan lain-lain yang dapat menyediakan informasi secara lengkap serta menarik para pengunjung untuk singgah membaca. Aplikasi Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ini menjadi trend masa kini yang hendak dilakukan oleh orang-orang masa kini untuk berbagai aktifitas baik personal maupun kelompok. Jenis-jenis website pun beragam dengan fungsi yang variatif pula sehingga membuat seseorang terkadang bingung untuk menentukan jenis website yang hendak dibuat. Maka dari itu penulis hendak menulis dan menjelaskan mengenai aneka jenis website beserta fungsinya agar para pembaca paham sebelum menentukan jenis web yang akan dibuat.

Adapun jenis websitenya pertama website pribadi atau personal, adalah jenis website yang digunakan oleh individu untuk kepentingan individu. Biasanya web personal ini berisikan pengalaman, tips-tips, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya yang pada dasarnya merupakan karya sendiri yang dibagikan kepada para pengunjung di dunia maya. Penghasilan yang diperoleh pun berdasarkan iklan yang ditampilkan di websitenya. Pada web personal biasanya pemilik web akan menjual produk yang sendiri yang ditawarkan pula. Kedua adalah website perusahaan yang dimana menyajikan informasi-inforrmasi tentang perusahaan itu sendiri yang terpisah menjadi beberapa halaman meliputi home, profil, produk atau jasa, contact us dan service. Banyaknya halaman tergantung kepada seberapa banyak informasi yang hendak disampaikan oleh pihak perusahaannya. Selain itu seberapa banyak produk atau jasa yang ditawarkan juga memengaruhi jumlah halaman web tersebut. Selanjutnya terdapat website organisasi, website ini memiliki kesamaan yang lumayan dekat dengan website perusahaan sebab isi website organisasi berupa informasi mengenai organisasi tersebut meliputi profil, kegiatan, foto-foto organisasi dan lain sebagainya.

Selanjutnya yang ke empat yaitu website e-commerce atau bisnis online yang merupakan website yang memiliki tujuan utama untuk menjual dan menawarkan produk maupun jasa yang disediakannya. Kegiatan ini membutuhkan sarana koneksi internet sebagai media untuk akses websitenya. Bisnis online sendiri sama dengan berdagang pada biasanya yang membedakan hanya pada pembayarannya yang menggunakan sistem transfer atau menggunakan kartu kredit. Di Indonesia sendiri penggunaan e-commerce atau bisnis online kurang diminati dengan alasan layanan online yang masih rendah dan tingkat kepercayaan yang rendah. Intinya untuk website e-commerce yang diperlukan adalah kepercayaan kepada pihak penyedia bisnis online yang memberikan keamanan dan kenyamanan. Terakhir ada website berita ialah sebagai website yang menyediakan informasi berupa berita-berita. Penyedia website berita itu sendiri rata-rata memiliki wartawan pribadi untuk mencari informasi guna mengisi website tersebut namun tidak semua website organisasi memilikinya. Terkadang web tersebut mencari informasi dari web informasi lain. Penyedia website berita di Indonesia biasanya dimiliki oleh perusahaan media massa ( radio, televisi dan media cetak).

Demikian itu adalah beberapa website yang penulis ketahui, sebenarnya masih ada banyak sekali namun hanya itu sebagian besar yang dapat penulis sampaikan. Keseluruhan website tersebut tergantung pada tujuan serta kebutuhan dari pada pemilik website tersebut hendak digunakan untuk kepentingan pribadi atau kelompok, kepentingan usaha bisnis online atau penyedia informasi kepada khalayak luas dan lain sebagainya. Semoga artikel yang penulis jelaskan ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan tambahan mengenai jenis dari pada website yang ada.

Cheers,
Mujianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *