ternak puyuh petelur

Cara Mudah Ternak Puyuh Petelur

Yo! sobat netter,
Peternak puyuh biasanya menggunakan dua cara untuk melakukan ternak puyuh petelur. Cara pertama adalah melalui sistem kandang litterdan cara kedua adalah dengan cara ternak puyuh petelur dengan sistem kandang baterai. Tidak perlu berdebat yang mana diantara kedua cara tersebut yang paling baik atau paling efektif karena setiap cara yang dipilih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Memang akan lebih efisien jika Anda membuat kandang litter didalam ternak puyuh petelur, hanya saja jika Anda memilih untuk membuat kandang litter, maka telur puyuh Anda akan sering tertimbun didalam tumpukan litter dan juga kemungkinan untuk terinjak oleh puyuh dan peternak yang akan memanen telur pun sangat besar sehingga dari segi panen telur puyuh, akan lebih baik apabila Anda ternak puyuh petelur di kandang baterai.

Kandang litter sebagai kandang peliharaan puyuh

Ternak puyuh petelur dengan kandang litter adalah kandang yang terdapat litter didalamnya. Definisi dari litter adalah alas lantai yang terdapat didalam sebuah kandang. Litter ini terbuat dari serbuk atau butiran benda yang bisa menyerap air dan memiliki tekstur yang lembut. Ada dua jenis kandang litteryaitu kandang litter panggung dan kandang litter melantai. Kandang litter panggung adalah kandang yang biasa digunakan untuk peternakan ayam broiler/ras. Kandang ini juga bersifat flexibel karena bisa diubah kapan saja menjadi kandang baterai. Cara untuk mengubahnya adalah dengan cara membuang litternya. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat litter adalah serbuk gergaji/serbuk kayu, sekam padi, dan juga jerami. Salah satu kekurangan jika Anda memilih ternak puyuh petelur di kandang litter adalah puyuh bisa mengalami gangguan pernafasan apabila litter tidak atau sudah lama tidak diganti. Oleh karena itu, Anda harus sering menggantilitter, tujuannya agar kadar amoniak di kandang puyuh tidak mengikat karena jika litter sudah padat maka amoniak akan mengikat. Meskipun begitu, kelebihan dari menggunakan litter adalah kesehatan kaki puyuh akan selalu terjaga karena membuat kaki puyuh menjadi lembut. Hal ini berbeda jika Anda ternak puyuh petelurdi lantai dari kandang baterai. Alasannya karena bahan lantainya terbuat dari kayu atau anyaman kawat. Sekali Anda memilih kandang litteryang memiliki lantai, maka dasar lantai tidak akan sepenuhnya dibuat dari littermurni karena dasarnya terbuat dari lantai yang bertekstur keras. Biaya yang dihasilkan jauh lebih murah daripada kandang litter panggung.

Anda bisa saja untuk menyebut burung puyuh petelur dengan istilah puyuh pedaging. Hal ini dikarenakan karena puyuh pedaging didapat dan berasal dari ternak puyuh petelur afkir. Definisi dari puyuh afkir adalah jenis burung puyuh yang sudah tidak menghasilkan telur yang bersifat ekonomis. Jika Anda adalah seorang peternak pemula yang akan atau ingin mencoba bisnis dari budidaya puyuh, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Trik bagaimana memelihara puyuh yang tepat

Pertama-tama adalah Anda harus memerhatikan lokasi dari peternakan puyuh. Perlu Anda ketahui bahwa puyuh adalah hewan yang mudah sekali mengalami stress apabila mereka ditempatkan di daerah yang memiliki tingkat kebisingan yang cukup tinggi. Jika puyuh mengalami stress, maka akibatnya puyuh tidak bisa bertelur sehingga jangan sampai Anda membangun kandang yang dibangun didekat tempat yang bising. Anda harus mengusahakan agar kandang puyuh yang dibangun adalah kandang yang berlokasi jauh dari kebisingan atau keramaian. Jika Anda ingin burung puyuh Anda dalam keadaan sehat, maka tempatkan mereka di tempat teduh seperti contohnya adalah kandang bisa ditempatkan di bawah pohon yang rindang. Budidaya puyuh sangat tidak cocok bagi Anda yang tinggal di lingkungan yang padat penduduk karena bisnis yang cocok di tempat seperti itu hanyalah ikan lele dan belut.

Hal kedua adalah Anda harus memerhatikan juga tentang kemudahan dalam pemasaran telur dan daging. Jika Anda ingin memulai bisnis ternak puyuh, maka pastikan dulu bahwa Anda memiliki tempat untuk menampung telur-telur puyuh Anda. Hal ini disebabkan karena puyuh adalah salah satu burung yang cukup produktif. Dia bisa memproduksi telur sampai 300 butir/ tahun. Selain itu juga, Anda harus mempunyai saluran pemasaran yang baik sebab daya tahan telur puyuh hanya sekitar 3 minggu.

Berikut ini adalah gambaran dari garis besar tentang bagaimana cara ternak puyuh petelur. Pertama-tama Anda harus menyiapkan kandang yang dibangun di lahan yang tepat. Kandang yang dibentuk adalah kandang yang bentuknya memanjang dari timur ke barat. Hal kedua adalah Anda bisa memesan bibit. Untuk pemesanan bibit, Anda bisa memesan bibit puyuh dara. Tujuannya adalah Anda lebih mudah dalam merawat hewan puyuh dara Anda dan meminimalisasi tingkat kematian puyuh dara tersebut. Sebagai alternatif, Anda dapat membeli mesin tetas yang berfungsi untuk menetaskan telur puyuh sendiri. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana ciri-ciri telur yang fertil itu seperti apa.

Hal kedua yang harus Anda ketahui adalah tentang isi kandang puyuh. Anda harus mengisi kandang dengan kepadatan yang ideal. Untuk ketentuan secara umum, panjang dari kandang baterai puyuh harus dibawah 2 meter. Tujuannya adalah agar puyuh tidak beraktivitas secara berlebihan. Sedangkan lebar yang ideal adalah kurang dari 70 cm. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menangkap atau membersihkan kandang puyuh dengan lebih mudah. Untuk tinggi dari kandang ataupun sangkar , disarankan untuk tidak memiliki tinggi kadang puyuh yang melebihi 40 cm. Sebenarnya ukuran terbaik dari tinggi kandang adalah 30 cm, hal ini dilakukan agar puyuh tidak meloncat-loncat didalam kandangnya. Untuk 1 box sangkar idealnya diisi oleh 30 ekor puyuh, maka apabila Anda ingin membuat sangkar/ kandang bertingkat lima, itu artinya untuk membuat satu unit kandang yang bisa menampung kurang lebih150 ekor puyuh.

Ketiga adalah Anda harus menyiapkan pakan. Pakan yang biasa dikonsumsi oleh puyuh adalah pakan ayam, namun jika Anda sudah memiliki modal yang lebih baik, Anda bisa menggantinya dengan pakan yang khusus dibuat untuk puyuh petelur. Anda harus memerhatikan kenyamanan puyuh pada hari pertama dia masuk kandang, jangan sampai puyuh mengalami stress dan hindari kebisingan yang ada. Apabila puyuh sudah beradaptasi di kandangnya dengan baik, maka perawatan dan pengawasannya pun akan lebih mudah.

Simpulan

Jika Anda ingin beternak puyuh petelur sebaiknya Anda mempersiapkan mental Anda juga seperti Anda harus siap rugi karena penghasilan yang tidak stabil. Untuk menjadi peternak memang harus siap dengan segala risiko yang akan dihadapi kedepannya. Selain itu juga perhatikan waktu kerja, karena peternak bukanlah pekerja kantoran yang memiliki waktu libur tetap, peternak haru rajin mengecek ternak puyuhnya setiap saat. Anda juga harus siap menabung, tujuannya adalah supaya Anda bisa balik modal terlebih dahulu sebelum untung. Anda juga harus siap loyal terhadap kemitraan Anda, tentu Anda tidak mau ada suatu hal yang tidak diinginkan.

Cheers,
Mujianto

Comments 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *