khasiat buah tomat

Khasiat Buah Tomat Yang Sangat Kaya Nutrisi

khasiat buah tomat
Entah anda lebih mengenal tomat sebagai buah atau sayuran, namun tidak ada yang meragukan bahwa tomat itu sangat kaya nutrisi. Makanan yang perlu lebih banyak dimakan manusia.

Tomat disebut sebagai makanan fungsional, makanan yang menyediakan melampaui kebutuhan gizi dasar. Sebagai tambahan tomat juga mencegah penyakit kronis dan memberikan manfaat kesehatan lainnya, disebabkan fitokimia yang bermanfaat seperti likopen yang terkandung dalam buah tomat.

Rincian gizi tomat
Satu tomat ukuran sedang mengandung 22 kalori, 0 gram lemak, 5 gram karbohidrat, dan 1 gram protein.

Khasiat buah tomat

Tomat merupakan sumber yang kaya vitamin A dan C dan asam folat. Tomat mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat dan antioksidan, termasuk likopen, kolin, asam folat, beta-karoten dan lutein.

Kolin merupakan nutrisi penting yang terkandung dalam tomat yang membantu meningkatkan kualitas tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi peradangan kronis.

Manfaat kesehatan dari mengkonsumsi tomat
Kita bisa mendapatkan manfaat yang tak terbatas dari mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayuran, termasuk tomat. Ketika kita banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran maka risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker akan turun. Peningkatan konsumsi buah-buahan dan sayuran secara signifikan mengurangi risiko obesitas dan kematian secara keseluruhan. Hal juga berkaitan dengan kesehatan kulit, rambut, dan meningkatkan stamina.

Kanker: Sebagai sumber yang sangat baik dari vitamin C yang kuat dan antioksidan lainnya, tomat dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui menyebabkan kanker.
Tekanan darah: Mempertahankan asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya.
Kesehatan jantung: serat, kalium, vitamin C, dan kolin yang terkandung dalam tomat semuanya merupakan mendukung kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting.
Kulit: Kolagen sangat bergantung pada vitamin C sebagai nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh kita sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh matahari, polusi, dan asap, kerutan halus dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.
Sembelit: Makan makanan yang tinggi kandungan air dan serat seperti tomat dapat membantu untuk menjaga dehidrasi dan buang air besar Anda. Serat sangat penting untuk meminimalkan sembelit.
Depresi: Asam folat dalam tomat juga dapat membantu kondisi depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain dari mencapai otak.

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *