manfaat jus tomat

Manfaat Tomat Sebagai Jus

Yo! sobat netter,
Tomat adalah buah yang sangat populer. Buah ini lezat, serbaguna, terjangkau, dan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Tomat ditampilkan dalam berbagai resep dan dapat digunakan untuk berbagai cara yang berbeda. Salah satu pilihan yang paling populer untuk mengkonsumsi tomat adalah dengan membuat jus tomat. Jus ini sangat lezat dan penuh dengan manfaat kesehatan.

Informasi Gizi

Menurut USDA, 1 cangkir jus tomat (243ml) mengandung:

  • Kalori: 41
  • Lemak: 0.12
  • Karbohidrat: 10.30
  • Serat: 1
  • Protein: 1.85
  • kolesterol: 0

Manfaat Kesehatan

Sebuah studi skala kecil pada tahun 2000 menunjukkan bahwa jus tomat mengandung faktor (P3 CODEC) yang menghambat trombosit dalam darah dari penggumpalan dan pembentukan gumpalan darah. Peneliti menyarankan hal ini mungkin bermanfaat bagi penderita diabetes. Efek sebenarnya dari peningkatan konsumsi jus tomat oleh penderita diabetes belum pernah dipelajari.

Jus tomat mengandung antioksidan likopen. Studi ilmiah menunjukkan bahwa mengkonsumsi likopen dapat melindungi terhadap kanker prostat, kanker payudara, aterosklerosis, dan penyakit arteri koroner. Penelitian epidemiologis juga menunjukkan bahwa likopen dapat melindungi terhadap kanker payudara dan infark miokard (serangan jantung).

Manfaat Lain

Rambut Sehat. Minum jus tomat juga meningkatkan kesehatan rambut. Vitamin K dalam tomat tidak hanya meningkatkan pandangan mata, namun juga meningkatkan pertumbuhan rambut sehat. Banyak orang menyadari rambut mereka lebih kuat dan lebih berkilau ketika mereka mulai minum jus tomat.

Kulit yang lebih baik. Efek positif dari mengkonsumsi jus tomat juga memengaruhi bagian luar tubuh sobat. Minum jus tomat secara teratur dapat meningkatkan kesehatan kulit sobat. Studi di mana peserta minum dua porsi jus tomat per hari menunjukkan penurunan jerawat. Jus tomat juga membantu dalam pencegahan kerusakan sel kulit. Selain minum jus tomat, tomat juga bisa dihaluskan dan digunakan sebagai masker wajah.

Mengurangi Stres. Makan tomat dapat mengurangi tingkat stres Anda. Mengkonsumsi tomat setiap hari bisa meningkat vitamin C dalam darah dan penurunan biomarker stres oksidatif.

Kesehatan Tulang. Kebanyakan orang berpendapat susu dan makanan olahannya bisa meningkatkan kesehatan tulang, namun tomat juga meningkatkan kesehatan tulang dengan baik. Tomat mengandung vitamin K, salah satu vitamin paling penting yang terkait dengan kesehatan tulang. Vitamin K mengaktifkan osteokalsin, yang bertanggung jawab untuk penahan kalsium dalam tulang.

Beruntung di Indonesia buah tomat masih sangat gampang ditemui dan dengan harga terjangkau. Dengan begitu kita masih bisa merasakan banyak manfaat dari buah ini^^

sumber : 1. newhealthguide.org, 2. wikipedia.org

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *