merawat kacer

Memelihara dan Merawat Kacer di Rumah

Yo! sobat netter,
Kacer adalah burung hutan yang memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh burung lain. Suara yang dihasilkan oleh burung kacer sangat menarik dan juga merdu. Selain itu juga, volume yang dihasilkan oleh burung kacer ini sangat keras namun tidak sampai membuat telinga sobat berdengung. Meskipun burung kacer adalah burung hutan, tetapi burung ini sudah banyak yang merawat kacer di rumah oleh warga sekitar. Namun ada juga yang sudah menjual burung kacer ini di pasar-pasar burung karena jika dibiarkan tinggal di hutan maka burung ini akan punah oleh para pemburu liar. Untuk merawat kacer adalah sesuatu yang agak sulit untuk dilakukan, baik dari segi perawatan maupun penangkarannya. Jika sobat salah dalammerawat kacer, maka akibatnya burung tersebut jarang sekali bersuara atau lebih parahnya lagi tidak mau bersuara lagi karena kembung. Perawatan pada burung kacer akan lebih sulit lagi jika burung sudah mengalami kembung.

Burung kacer adalah burung yang sangat bersemangat jika melihat sesama burung lainnya sehingga tidak heran jika burung ini adalah burung yang sering dimiliki oleh banyak pecinta burung.

Sifat umum dari burung kacer

Burung kacer adalah burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Selain itu, burung ini juga memiliki semangat yang tinggi ketika mendengar sura burung lain, oleh karena itu, dia tidak segan untuk melawan burung tersebut. Nafsu birahi dari burung kacer juga mudah tersulut. Banyak sebab mengapa hal tersebut bisa terjadi seperti terlalu banyak diberi makan atau terlalu sering dijemur dibawah sinar matahari. Hal ini juga bisa diperparah jika dia melihat burung kacir betina.

Kelebihan dari burung kacer adalah burung ini jinak terhadap manusia sehingga untuk merawat kacer bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan.

Cara merawat burung kacer

Untuk merawat kacer, ada beberapa tips yang bisa dipraktekan seperti berikut. Pukul 07.00, sebaiknya burung dijemur didepan teras rumah. Setelah itu pukul 07.30, burung kacer bisa dimandikan didalam keramba mandi yang sudah dimiliki sebelumnya, jika tidak dimandikan burung juga bisa disemprot. Sobat bisa menggunaan salah satu dari dua pilihan ini sesuai dengan kebiasaan sobat. Jangan lupa juga untukmerawat kacer yang baik dan benar, sobat harus rajin membersihkan kandangnya setiap hari, selalu untuk mengubah letak air minum burung tersebut secara berkala. Waktu yang diperlukan untuk menjemur burung kacer sekitar 1-2 jam dengan rentang waktu dimulai dari pukul 08.00 – 11.00. Usahakan atau jangan sampai burung kacer ini melihat burung sejenis didekatnya. Setelah dijemur, angin-anginkan burung didepan teras rumah sobat selama 10 menit dan masukkan kembali burung kacer kedalam sangkar.

Pada sore hari, sekitar pukul 15.30, burung kacir kembali diangin-anginkanatau bisa juga dimandikan dan diberi makan berupa 2 ekor jangkrik. Setelah itu kembali dimasukkan kedalam sangkar pada pukul 18.00 dan diperdengarkan nada master.

Untuk suplemen tambahan, sobat bisa memberi makan burung kacer sobat dengan kroto yang masih dalam keadaan fresh sebanyak 1 sdm sebanyak 4 kali dalam seminggu, 1 ekor cacing sebanyak 2 kali dalam seminggu, dan pengumbaran didalam kandang yang bisa dilakukan selama 4 jam/hari setiap minggunya. Berikan vitamin dan mineral yang dicampurkan kedalam air minum burung kacer sobat sebanyak 1 kali dalam seminggu.

Cara mengatasi agar kacer tidak terlalu bernafsu

Jika burung kacer sobat terlalu bernafsu, maka sobat bisa mengatasinya dengan cara memangkas porsi pemberian jangkrik yang diberikan pada pagi dan sore hari sebanyak 2 ekor. Lakukan proses pengembunan yang dimulai dari pukul 05.30 – 06.00. Sobat juga bisa memberi makan 2 ekor cacing sebanyak 2 kali dalam seminggu. Sering-seringlah untuk memandikan kacer sobat di waktu pagi, siang, dan sore hari. Jika biasanya sobat sering menjemur kacer sobat, maka sekarang cobalah untuk menjemurnya tidak lebih dari 30 menit setiap harinya dan ganti dengan waktu pengumbaran yang lebih lama.

Cara Mengobati Kacer Yang Sakit

Jika burung kacer sobat sakit maka ada beberapa langkah yang bisa sobat lakukan sebagai berikut. Sobat bisa menambah porsi makan jangkrik bagi kacer sobat dengan cara menambah 5 ekor jangkrik di pagi hari dan 5 ekor jangkrik di sore hari. Pemberian kroto juga harus ditingkatkan namun waktu mandi dikurangi menjadi 2 hari sekali. Selain itu juga jangan biarkan burung kacer sobat melihat burung kacer lain. Beri vitamin dan mineral yang dicampurkan didalam air minum kacer sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Persiapan untuk burung kacer yang akan dan sudah mengikuti lomba

Pemberian tambahan jangkrik bisa ditambah menjadi 5 ekor di pagi hari dan 5 ekor di sore hari pada h-3 sebelum perlombaan berlangsung. Selain itu juga, sobat hanya perlu penjemuran burung kacer selama 30 menit pada h-2 sebelum perlombaan dimulai. Satu jam sebelum perlombaan dimulai, mandikan kacer dan beri makan 3 – 5 jangkrik dan 6 – 15 ekor ulat hongkong. Apabila burung kacir sobat masih berambisi dan masih bisa mengikuti lomba, beri makan 2 ekor jangkrik lagi dan pada h-6 sebelum lomba dimulai, burung diisolasi agar tidak bertemu dengan burung lain dan mandikan dia pada pukul 19.00 – 20.00.

Setelah lomba selesai, sobat kembali memberikan makanan harian seperti biasanya. Beri vitamin dan mineral yang sudah dicampur kedalam air minum kacer sobat. Sobat hanya perlu menjemur kacer sobat selama 30 menit sampai h+3 sesudah lomba.

Bagaimana cara membedakan antara burung kacer berjenis kelamin jantan dan betina?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa burung kacer akan lebih bernafsu jika bertemu dengan burung kacer lainnya, terutama burung kacer berjenis kelamin betina. Supaya sobat tidak salah membeli burung, ada beberapa hal yang bisa sobat perhatikan sebelum membeli burung kacer yang sobat inginkan.

Pertama-tama yang harus sobat perhatikan bahwa jika sobat ingin membeli burung kacer jantan, sobat harus berfokus pada bulunya yang berwarna hitam dan berkarakter tegas, mengkilap, dan kontras. Selain itu juga, burung kacer jantan memiliki wujud paruh yang memiliki pangkal lebar, tidak terlalu tipis, tidak terlalu besar dan tidak terlalu panjang. Paruh burung bagian bawahnya juga harus lurus dan tidak boleh bengkok. Pastikan juga bahwa letak dari lubang hidung kacer dekat dengan posisi matanya.

Burung kacer jantan adalah burung yang memiliki kepala yang berbentuk kotak dan memiliki bola mata yang bulat, besar, dan melotot. Ciri-ciri yang dimiliki burung tersebut menandakan bahwa burung tersebut memiliki jiwa petarung yang baik. Selain itu juga, brung kacer jantan adalah burung yang memiliki postur tengah yaitu postur yang memiliki bagian badan, ekor, dan kaki yang proporsional dan janganlah sobat memilih burung yang memiliki leher dan badan yang pendek.

Sayap yang dimiliki oleh burung kacer adalah sayap yang mengepit dengan rapat dan juga kaki yang bisa mencengkram kuat sampai ke tanah, maka inilah ciri-ciri burung yang sehat. Kakinya juga harus besar dan terlihat kering, namun warna kaki tidak berpengaruh pada masalah kesehatan apapun. Tanda lain dari burung yang sehat adalah burung tersebut lincah dan makannya banyak. Lehernya juga panjang dan berisi, ini menandakan kalau burung yang sobat beli memilki nada yang optimal.

Cheers,
Mujianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *