sakit perut saat hamil

Penyebab Sakit Perut Selama Kehamilan

sakit perut saat hamilYo! sobat netter,
Kehamilan memang sesuatu yang sangat menggembirakan bagi setiap pasangan apalagi yang baru menikah. Tapi segala sesuatu memang tidak selalu berjalan mulus. Sakit perut mungkin menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi bagi sebagian wanita hamil.

Apakah wajar mengalami beberapa sakit perut selama kehamilan?
Keluhan yang membuat tidak nyaman saat kehamilan yang kadang terjadi. Dan meskipun itu mungkin tidak berbahaya, namun dapat juga menjadi tanda dari masalah serius.

Di bawah ini akan dijelaskan penyebab paling umum dari sakit perut dan ketidaknyamanan selama kehamilan, tapi jangan mencoba untuk mendiagnosa sendiri. Jika sobat mengalami sakit perut atau kram bersama dengan bercak, perdarahan, demam, menggigil, keputihan, pingsan, ketidaknyamanan saat kencing, atau mual dan muntah, atau jika rasa sakit tidak mereda setelah beberapa menit istirahat, maka silakan hubungi dokter.

Apa masalah serius penyebab sakit perut selama kehamilan?
Ectopic pregnancy
Keguguran
Keguguran adalah hilangnya kehamilan pada 20 minggu pertama. Bercak atau perdarahan vagina umumnya gejala pertama, diikuti dengan sakit perut beberapa jam sampai beberapa hari kemudian.

Perdarahan bisa ringan atau berat. Rasa sakit mungkin terasa kram terus-menerus. Dan mungkin juga terasa seperti nyeri pinggang atau tekanan panggul.

Persalinan Prematur
Sobat dalam kondisi persalinan prematur jika sobat mulai mengalami kontraksi yang menghapuskan atau melebarkan leher rahim Anda sebelum 37 minggu kehamilan.

Placental abruption
Placental abruption adalah kondisi yang mengancam jiwa di mana plasenta Anda terpisah dari uterus Anda, sebagian atau seluruhnya, sebelum bayi sobat lahir.

Preeclampsia
Sebuah gangguan yang kompleks dari kehamilan yang menyebabkan perubahan dalam pembuluh darah sobat dan dapat mempengaruhi sejumlah organ, termasuk hati, ginjal, otak, dan plasenta. Sobat didiagnosis dengan preeklamsia jika sobat memiliki tekanan darah tinggi dan protein dalam urin sobat setelah 20 minggu kehamilan.

Infeksi saluran kemih
Saat hamil membuat sobat lebih rentan terhadap segala jenis infeksi dari saluran kemih, termasuk infeksi ginjal.

Banyak kondisi lain yang dapat menyebabkan sakit perut, meskipun sobat hamil atau tidak. Beberapa penyebab paling umum sakit perut seperti keracunan makanan, radang usus buntu, batu ginjal, hepatitis, penyakit kandung empedu, pankreatitis, fibroid, dan obstruksi usus.

Cheers,
Mujianto

sumber : www.babycenter.com

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *